Senin, 04 November 2019

Sjahrir dalam "Perdjoeangan Kita"

Perjuangan Kita atau Perdjoeangan Kita (bahasa BelandaOnze Strijd) adalah sebuah pamflet yang ditulis akhir Oktober 1945 oleh pemimpin kemerdekaan Indonesia Soetan Sjahrir. Pamflet ini sangat penting dalam mengarahkan kembali revolusi nasional Indonesia.
Dalam pamfletnya Sjahrir membahas semua ujung tombak penting perjuangan revolusioner yang masih berlangsung untuk kemerdekaan Indonesia. Target pembacanya adalah pertama dan terutama massa rakyat Indonesia dan pemimpin mereka yang terlibat dalam revolusi, kedua opini publik di kota metropolitan kolonial di Belanda, negeri asal musuh, dan ketiga opini publik internasional.
Edisi bahasa Belanda tahun 1946 mengandung kata-kata pembukaan oleh Perhimpoenan Indonesia dan digunakan untuk mempengaruhi opini publik Belanda selama Perundingan Linggadjati. Terjemahan bahasa Inggris-nya dibagikan di Aula Westminster kepada delegasi Britania untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.[1]
Tulisan Sjahrir berhasil melawan mitos bahwa Republik Indonesia adalah gagasan dari pasukan fasis imperial Jepang dan bukan cita-cita nasional yang mendalam. 


Gambar di atas merupakan cover pamflet asli yang ditulis Sjahrir. untuk versi lengkapnya silahkan hubungi lewat email. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sjahrir dalam "Perdjoeangan Kita"

Perjuangan Kita  atau  Perdjoeangan Kita  ( bahasa Belanda :  Onze Strijd ) adalah sebuah pamflet yang ditulis akhir Oktober 1945 oleh pemi...